• general announcements
  • 1 USD = Rp.13298

11

Pada suatu malam ( pertengahan tahun 1997) Aku terbangun dari tidurku dan Aku dapati diriku berada ditengah ruangan yang cukup luas dengan design interior bergaya Eropa. Saat itu Pandanganku tertuju kepada seorang laki-laki tua yang sedang duduk menghadapi perapian, janggutnya panjang berwarna abu-abu, berpenampilan aneh, dia mengenakan kemeja putih dengan jubah hitam serta topi memanjang bulat keatas seperti topi seorang juru masak tapi warnanya hitam. Rasa seram perlahan lahan menghilang saat dia menoleh kearahku sambil tersenyum ramah dan mengatakan “panggil aku Mus “.

Belum habis heranku dia menyodorkan Aku segelas Bajigur, dan menyuruh Aku duduk diatas kursi yang menghadap ke perapian. perlahan Aku teguk bajigur dalam gelas yang Aku pegang, “Tak berasa” ungkapku dalam hati. Orang tua itu mulai bicara ;

” Dataran tanah, lingkup udara, air bah, semuanya dingin membeku, Hari Kamis yang menakutkan datang pun tidak bisa dicegah, Langit tidak lagi cerah.., Semua ini akan menyebar ke empat penjuru, hari ini pasti tidak akan terlupakan.. “

Dia memulai ocehannya kembali. tanpa memberikan Aku kesempatan untuk bertanya atau memberikan tanggapan. “Saya tidak tahu kapankah kala itu, ditengah manusia akan muncul seorang raja iblis, dia mempunyai kekuasaan yang besar, demi memenuhi keinginannya, rakyatnya membunuh, menjajah dan menjarah. Anak-anakku yang tercinta, janganlah mempercayai omongannya. Setiap katanya, akan membawa kalian kedalam dosa yang tak terhapuskan dan jurang kesengsaraan” ungkapnya.

Kepalaku agak penat saat Aku melayangkan pandanganku ke sekeliling ruangan, diantara lukisan- lukisan bergaya surrealis di dinding ruangan Aku lihat potret diri orang tua tsb yang bergaya agak narcis, perlahan lahan aku dekati dan perhatikan potret dirinya koq seperti Nostradamus sich ???

Bapa Emus

Terkesan cukup dramatis memang, Aku baru nyadarnya sekarang kalo ‘eMus’ itu ternyata panggilan akrab Nostradamus sehari-hari, “Jadi orang tua yang ngoceh dan sok bijak tadi adalah Nostradamus peramal terkenal itu !? ” gumamku dalam hati setengah tidak percaya. Aku sadar ini hanyalah sebuah ‘Lucid Dream’ pikirku, Pak Mus lantas menoleh ke arahku dan mengatakan ” tidak.., anak muda Kamu tidak sedang bermimpi ! Hadapi kenyataan ini …, bla..bla..bla..” setelah dia ngomong casciscus engga jelas kata kata terakhir yang Aku simak dia mengatakan “… karena Kamu adalah pembawa perubahan “.

Mengingat usiaku yang masih belia pada saat itu sehingga kurang memahami setiap kata yang mengandung istilah Science Fiction atau semacamnya, hanya pada Kata-kata terakhir tersebut mengingatkan Aku pada sebuah film yang tokoh utamanya Kotaro Minami yang selalu mengucapkan “KAWARE !” atau “BERUBAH !” saat terdesak dan kemudian berubah menjadi Ksatria Baja Hitam.

Dia adalah orang tua dan Aku harus bersikap sopan dalam menanggapi setiap kata-katanya, “Bapak khan peramal terkenal, ramalin dong jodoh, dan keuangan saya bulan ini dong pak !” pintaku setengah becanda. “sekalian karir saya , ya pak ! “. lantas dia menjawab ” Saya ada disini bukan untuk meramal kamu.., Saya kesini untuk.., Bla.. Bla..bla.., tapi jika kamu memaksa baiklah…” ( Idih siapa pula yang maksa ^_^ ).

Setelah dia mengelus Jenggot Abu-abunya sambil menatap tajam kearahku dia mulai berbicara panjang lebar, kata-kata yang Aku tangkap salah satunya lebih berupa nasehat yang mengatakan kalau Aku harus mengurangi kebiasaan Merokok, terus dia mengatakan dalam urusan asmara katanya Aku bakal melewati sembilan cinta dalam hidupku, bersama sembilan wanita berbeda dalam setiap periode yang tidak menentu, setiap wanita yang pernah dan akan pacaran denganku akan memiliki karakteristik yang berbeda dalam setiap episodenya

Mengerti atau tidak mengerti yang jelas ramalan dia mulai menarik perhatian Aku untuk meneruskan perbincangan kearah yang lebih konkret (yang tidak bisa aku tulis saat ini). Ditengah-tengah perbincangan kami sayup-sayup terdengar sebuah nyanyian wanita diikuti oleh suara laki laki

” Cahaya Cinta Perlahan Menyilaukan, Itulah mimpi kehidupan kedua….. “

Soundtrack Dragonballz di Indosiar membangunkan tidurku, saat itu waktu menunjukkan pukul 08:30 pagi hari Minggu. Aku bangkit dari tempat tidurku Sambil berjalan kearah kamar mandi dan mengingat ngingat mimpi tadi, Pertemuan dengan Nostradamus terasa begitu nyata. HIngga saat ini mimpi tersebut selalu Aku ingat meskipun Aku berusaha untuk melupakannya, termasuk ramalan tentang sembilan cinta yang akan Aku lewati.

Aku tidak ingat berapa kali Aku pernah pacaran, yang Aku ingat sembilan orang wanita yang telah memberikan Kenangan dan sebentuk luka yang tidak pernah dapat aku lupakan ketika Aku pertama kali jatuh cinta hingga sekarang ini.

Cinta pertama pacaran dengan seorang wanita yang usianya 2 tahun lebih tua dariku, seorang karyawati PT. Omedata yang cukup dewasa namun orientasinya kearah pernikahan, saat itu Aku masih 19 tahun, gila aza aku bener-bener belum siap

Cinta kedua Pacaran dengan mahasiswi Unpad jurusan Ilmu Komunikasi, Intelek, baik hati, dan cukup ramah
kepada setiap orang. dia memang anak orang beradasayang sekali kami beda agama. sehingga orang tuanya jelas tidak pernah menyetujui hubungan kami

Cinta Ketiga adalah cinta sesaat yang bertahan kurang dari 2 minggu, pacaran dengan anak ABG yang sedang mencari jati diri, doyan pergi ke dugem, gemar mengkonsumsi obat-obatan terlarang, suka gonta ganti cowok, hubungan kami berakhir setelah Aku berantem dengan cowoknya.

Cinta keempat Ta’aruf dengan seorang muslimah, wanita sholeh yang gemar mengaji, tidak pernah meninggalkan sholat, namun hubungan kami monoton kalau ngobrol jarang untuk bisa tatapan mata, kalau jalan bareng tidak bisa pegangan tangan. wanita pertama yang memperkenalkan Taaruf lebih dari 8 bulan, hingga saat itu hubungan kami berjalan dalam ‘kegaringan’.

Cinta kelima Pacaran dengan mahasiswi UNISBA jurusan matematika. wanita yang sempurna, pintar, cantik, mandiri, serta idealis. kami menjalin hubungan dalam jangka waktu yang cukup lama (lebih dari 1 tahun lamanya) hingga pada suatu hari dia mendapatkan beasiswa untuk kuliah ( dan menetap ) di Jerman.

Cinta keenam Dijodohkan dengan anak tetangga putrinya ibu RT, karyawati urusan logistik sebuah pabrik Konfeksi yang tidak terkenal di kota Bandung, hampir – hampir kami mau married. tapi karena Aku terlalu lama mengulur-ngulur waktu. Akhirnya keduluan dinikah orang lain.

Cinta ketujuh Hubungan dengan salah seorang mahasiswa STBA yapari ABA jurusan bahasa Inggris Possesif & Cemburuan. tidak seperti iklan ‘Starmild’ AKu bener-bener kurang enjoy aza, tiap kali aku keliatan ngobrol dengan seorang mahasiswi lain, cemburu dan curiga pasti mewarnai raut muka dia

Cinta kedelapan Menjalin suatu hubungan serius dengan anak SMA yang belum siap untuk diajak married. Intervensi dari orang tuanya ( terutama ayahnya ) cukup dominan dan memberikan tekanan tersendiri kedalam hubungan kami. Aku tahu kapan saat yang tepat untuk berhenti berharap.

Cinta kesembilan Cinta yang saat ini sedang terjalin dengan seorang guru SMP Terbuka, lulusan UGM jurusan biologi, wanita berjilbab, cukup Intelek dan dewasa yang terkadang memberikan banyak tanda tanya, Aku memang bukan satu-satunya cowok yang ada dalam Phonebook HP nya dan mungkin juga bukan satu satunya cowok yang berada dalam ruang hatinya ??

Dalam cinta yang kesembilan ini, Aku pernah merasa cocok dan sehati dengannya, ibuku juga setuju untuk menjadikannya sebagai menantu, bahkan calon mertuaku pun menyuruh Aku untuk Hitbah atau tunangan dengan anaknya segera. namun di hari sabtu sekitar 2 hari menjelang Ramadhan tahun 2008 ini Aku sempat enggak percaya saat membaca sms di HPnya dia mengucapkan sayang-sayangan kepada 3 cowok yang berbeda, termasuk kesalah satu cowok turunan jawa-riau yang dia bilang mantan. Aku periksa Sent Folder, Save Folder, Draftnya juga, yang jelas perasaan cemburu ini tak bisa diungkapkan dengan kata-kata lisan maupun tulisan.

Kesimpulan

Nostradamus tidak memberikan penjelasan yang jelas apakah cinta kesembilan ini adalah cinta yang terakhir dalam sejarah kehidupan seorang Achmad ataukah akan ada cinta yang lain setelah cinta yang kesembilan ini berakhir ? bagiku jika cinta yang ada hanya memberikan masalah, meninggalkan luka, serta menambah beban perasaan, lebih baik aku tinggalkan untuk mencari yang baru.

11 Comments

  1. iiz berkata:

    bisa kujelaskan? Aku gak pernah bilang sayang sama orang lain, selain sama pacarku sendiri. Jika saat itu aku pernah kirim sms kata syg karena memang pada saat itu orang tsb masih menjadi pacarku. Jujur aja semua sms yang ada di folder udah BASI semua…Buat apa makan makanan yang udah basi???

  2. achmadfuad berkata:

    Bener sekali ,website aing kumaha aing we,sarua jeung urang ,kumaha urang weh,ner teu sobat.

  3. m_a_y berkata:

    mungkin aja masiy ada sembilan cinta yang lain…

  4. achmad berkata:

    Hi May, lama tidak bertemu, gimana khabarnya ponorogo ? Aldhino Eka Fathulloh Sehat ? mudah-mudahan selalu berada dalam lindungan Allah, Amiin.

  5. m_a_y berkata:

    alhamdulillah sehat…sekarang tambah aleesha itsna fathulloh… 🙂
    kapan nyusuL??

  6. achmad berkata:

    Entahlah may, mudah-mudahan tahun 2009 nanti kelar.. ^_^

  7. kitty berkata:

    minal aidin wal fa idzin.. maavkan bila pernah berbuat khilaf.. happy ied.

  8. wiro berkata:

    ceuk urang mah aya lain 9 tp 12. matak teang weh deui sesana ngan nu urut2na bikeun heula ka mukmin pasti sakses

  9. adam berkata:

    satu ajah belum apalagi 9 brur.

  10. Capa_hayoo berkata:

    Oh gt ya, jadi lo nempatin gw di urutan ke 7 sbg cewe yg slama ini lo anggap possesif. GRRRRRR..

    enggak deng bcanda @_@

  11. che berkata:

    are you dreaming man?

Leave a Reply