• general announcements
  • 1 USD = Rp.13325

0

Pada umumnya kita sudah akrab dengan tampilan Error 404, Pesan kesalahan yang tampil saat sebuah halaman tidak diketemukan. Bahkan sebagian besar theme yang kita download sudah memiliki template khusus untuk error 404 tersebut. Bagaimana dengan Error yang tampil seperti ini :

Error establishing a database connection

Error tersebut biasanya tampil saat Website tidak bisa melakukan koneksi ke server Database dikarenakan SQL Server bermasalah atau jika kita salah memasukkan konfigurasi database di dalam wp-config.php.

Tampilan error tersebut diatas kita akui sangat mengganggu  & cukup menjengkelkan.  Sayang sekali hingga saat ini belum ada Web Designer yang beritikad baik membuat template wordpress yang menyertakan Custom Template untuk Error Database ini.

Meskipun demikian kita beruntung menggunakan wordpress, sifatnya fleksibel dan bisa dibentuk sesuka kita.Pada tutorial berikut ini kita akan belajar bagaimana cara merubah tampilan Error Establishing database connection.

Cara Membuat Custom Template Error Database

Buatlah sebuah File PHP bernama db-error.php dan tempatkan pada direktori wp-content


wp-content/db-error.php

Kemudian masukkan kode html dibawah ini

<?php // custom WordPress database error page tutorial @ achmad.web.id

	header('HTTP/1.1 503 Service Temporarily Unavailable');
	header('Status: 503 Service Temporarily Unavailable');
	header('Retry-After: 3600'); // 1 hour = 3600 seconds
	mail("webmaster@domain-anda.com", "Database Error", "There is a problem with database!", "From: Admin@domain-anda.com");

?>
<!DOCTYPE HTML>
<html dir="ltr" lang="en-US">
	<head>
		<title>503 Service Temporarily Unavailable</title>
		<style type="text/css">
			h1, p {
				font-family: Helvetica, sans-serif;
				font-size: 24px;
				color: #333;
				}
			p {
				font-size: 14px;
				}
		</style>
	</head>
	<body>
		<h1>Error Establishing Database Connection!</h1>
		<p>Server kami sedang mengalami gangguan teknis, silahkan kembali lagi nanti!</p>
	</body>
</html>

Pada kode diatas terdapat email dimana saat error terjadi, Script ini akan mengirimkan email pemberitahuan ke email anda. Jika website anda beralamat di www.achmad.web.id maka email yang digunakan harus dari domain yang sama, contoh admin@achmad.web.id atau nama.saya@achmad.web.id . jangan menggunakan yahoo, gmail atau domain berbeda, Karena pengiriman email beruntun dan dapat menyebabkan domain anda dianggap spam.

Kesimpulan

Script diatas masih tergolong sederhana namun tetap efektif, anda bisa improvisasi dengan html & sedikit script PHP agar saat error terjadi website anda masih tetap nyaman dilihat, sedap dipandang dan lebih informatif tentunya. Saya sendiri menggunakan Script Random Images dengan photo-photo para pegulat WCW. Dibawah contoh tampilan error jika terjadi masalah koneksi database pada website saya

Custom Template Error Pada Database

Tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menempatkan link ke website /blog anda  yang lain atau menggunakan redirect html, saat website utama tidak bisa diakses, pengunjung dapat dialihkan ke website yang lain.

Leave a Reply