• general announcements
  • 1 USD = Rp.13348

12

Banyak cerita yang sebenarnya ingin Aku bagi dengan seorang tambatan hati yang saat ini tinggal di Majalengka.  Sayang sekali dia sudah bukan milikku lagi. Sambil Memandang ke belakang  10 tahun sudah aku bekerja sebagai tour guide dan merasa jenuh dengan profesi lama, meski dalam seminggu kerja hanya 4– 5 hari. Pada bulan Mei 2010 Aku mencoba melamar sebagai guru pendamping dan kemudian diterima untuk mendampingi seorang anak autist dengan Gaji sebesar Rp.500.000 perbulan, memang tergolong kecil namun saat itu bukan gaji yang aku kejar melainkan hanya sebuah suasana baru.

Selama dua bulan Aku bekerja sebagai guru pendamping cukup menyenangkan dapat keluar sesaat dari rutinitasku sebagai pemandu wisata, namun kepala sekolah smp tersebut memperlakukan aku tak lebih dari seorang baby sitter dari pada seorang guru.

Dengan gaji kecil, Aku tidak boleh berada jauh jauh dari anak didikku meskipun hanya untuk istirahat pada jam jam istirahat sekolah. Aku menyadari bahwa diantara para guru yang bekerja disana hanya Aku satu satunya guru yang memiliki jenjang pendidikan terendah. yaitu Diploma 3.

Emosi yang terpendam

Bulan Juni Aku mendapatkan panggilan kerja di sebuah perusahaan penyedia jasa desain web  sebagai web designer,  Akupun keluar dari SMP-LB tanpa pamitan kepada ibu kepala sekolah dan mulai bekerja sebagai web designer. Alhamdullilah Aku sudah merasa cocok untuk kerja disana, hingga memasuki  bulan ke 3 – 4 titik jenuh sudah mulai terasa, saat rutinitas membunuh kreativitas,  membuat Aku mulai tidak betah lagi untuk berlama lama disana kerjaku mulai melambat terutama saat ego sang ‘Boss’  mulai merajalela

Semuanya berawal ketika Aku mendisain sebuah situs ‘Radja Gehu’ pada hari pertama saat aku mendisain situs tersebut Aku mendapat perintah dari si Boss untuk memberikan dukungan teknis dan pleatihan administrasi situs web untuk kliennya, selama berjam jam lewat telpon seluler Aku mengajarkan pemilik situs cara memasukkan artikel, mengupload photo, dlsb sehingga waktu/proses design web mau tidak mau harus tersita. Pada keesokkan paginya saat saya mencoba menyelesaikan desaign yang sempat keteteran si boss datang menghampiri dan menanyakan ” Mad, lagi ngapain ?” tanyanya.  ” Templating. ” Jawabku. Kemudian si bos menegur dengan suara lantang ” Dua Hari Masih templating ?”.  Aku sempat kaget saat itu, hati kecilku berkata ” Gila, kemarin khan gue disuruh lu untuk ngasih pelatihan ke salah satu klien lu  !   Sabar.. , Marah marah hanya untuk orang yang tidak berpendidikan.” ungkapku dalam hati.

Setelah radja gehu selesai Aku diminta membuat situs untuk seorang Musisi, sesuai dengan permintaan managernya dalam email yang mengatakan :

assalamualaikm
bro
paling ana email foto aj dl
data2nya  blum ngirim
template siga web nineball
: tapi layoutnya di improve lg aj
vidklip2nya ngelink dr youtube aj
nuhun

Saat Aku mulai mendisain layout meniru situs http://www.wix.com/billymaulana/nineball_band atas permintaan managernya.  Namun si Boss melarang Aku untuk menyamakan templatenya dengan situs tersebut, si boss bilang dia enggak suka kalau hanya meniru template yang ada terus ganti warna., dan bla bla bla .., Aku dihadapkan diantara dua pilihan  Mana yang harus aku dulukan, keinginan klien atau kah ego sang boss.

dan terakhir saat saat yang membuat Aku muak dan mulai kehilangan respect  terhadap orang yang selama ini menggaji Aku. saat Pembuatan situs untuk perusahaan batik , Aku mulai di bentak , di caci maki secara halus dan dia mulai memarahi aku didepan seorang anak yang sedang PKL disana.

Pasalnya Aku sudah memilih design yang tepat dalam kepalaku dan mulai membuat system yang berusaha untuk aku padukan dengan konsep designku. eh.. dia tiba tiba marah marah , dia bilang dengan nada keras depan seorang anak kkl ” Mad di mana mana design dulu baru system..” terus dia panggil teman ku

“Ayong..,  ayong.. kadieu. Lamun ayong nyieun website system heula atawa design heula ?”  enya da ari si Ayong nyokot gancangna soalna keur dahar jadi manehna ngajawab ” Design heula”

Hati kecil ku berkata ” mau design dulu kek, mau system dulu kek, ya terserah gue dong , yang penting hasilnya., ” Perut lapar mulai aku abaikan, jam istirahat sudah tidak aku pedulikan , sambil mendengarkan  caci maki si boss ( sebagai gantinya makan siang ) yang secara halus ingin mengatakan bahwa Aku tidak bisa mendisain, tidak paham wordpress, tidak bisa bikin aplikasi dlsb. ya. dia berhak memarahiku karena dia yang menggaji aku, sampai aku harap ingin merobek kontrak kerja dan mengundurkan diri secepatnya dari sana, tapi temanku bilang jika aku mengundurkan diri sblm kontrak selesai maka aku harus bayar retribusi., duh sabar sabar…

Keesokan paginya saat sibos lihat hasil designku ( yang sengaja aku bikin asal ) dia bertanya setengah membentak  “mad koq gini ?  ” , kaarena Aku udah tidak bisa lagi lemah lembut, Aku jawab dengan nada tinggi juga ” Itu karena belum ada kontentnya , udah bawa sini kontentnya” si boss menjawab dengan suara pelan, ya. nanti saya minta .

Pelajaran untuk anda : Yang namanya Boss itu selalu merasa dirinya adalah malaikat yang tidak Pernah Salah. dan sekali anda membentak dia maka anda akan mengalami nasib yang sama seperti yang pernah saya alami

pada malam harinya sempat kaget juga saat menerima sms dari si Boss yang bertuliskan “ achmad besok jangan masuk dulu, Saya mau evaluasi kerja achmad, nanti saya khabarkan lagi, nuhun”. dia memecat secara halus lewat sms.  bener bener kaget dan sempat syok juga. namun disisi lain Aku terima keputusan dia  mau tidak mau ini adalah keinginanku juga untuk dapat  lepas dari kontrak kerja. Daripada mengundurkan diri kemudian harus bayar ganti rugi lebih baik di pecat

Jualan Alat Bantu Sex

Meskipun aku masih memiliki pegangan profesi lama sebagai tour guide, yang beroperasi hari sabtu dan minggu. Namun selama bulan November 2010 aku tidak bisa hanya berdiam diri di rumah, kemudian Aku mencari cara agar mendapatkan sumber panghasilan baru lewat wirausaha. Sesuai dengan hadist Rasulluloh SAW yang mengatakan “ 9 dari 10 sumber penghasilan, salah satunya adalah berniaga”

Aku mencoba bergabung dengan salah satu klien yang dulu sering aku buatkan websitenya, dia supplier alat Bantu sex, Aku ikutan jualan alat Bantu sex di internet, berbagai macam produk aku display di http://achmad.web.id, mulai dari obat kuat hingga boneka full body, mulai dari vagina getar hingga ke dildo dengan bahan silikon, aku display semua produk tersebut di webku, dan Alhamdullilah terasa banget senangnya saat menemukan seorang pembeli pertama. Dia membeli Stimulasi Klitoris dengan harga 200.000, sementara modal yang aku keluarkan hanya Rp. 70.000

Teamwork yang tidak pernah terbentuk

Baru satu minggu Aku jualan alat Bantu sex,  jenuh mulai terasa kembali tiap hari, dari senin hingga jum’at Aku berada di depan Komputer, pasang iklan sambil promo produk.

Terpikir untuk menambah unit bisnis baru. Aku mulai menghubungi teman temanku lewat telpon selular aku diajak untuk bisnis parfum,  Jualan Rumah dan property, dan membuka les privat kembali untuk mengajarkan bahasa inggris, bhs Jepang dan Komputer, serta menjual jasa pembuatan web.

Dengan script php aku membuat framework untuk mendisplay listing property dan menerapkannya di wordpress sambil menambah produk baru yaitu parfum orisinal berbagai merk., serta membuat beberapa halaman baru untuk  promosi usaha jasa desain web. Sayang sekali saat website untuk menjual rumah dan property selesai dibuat para pencetus ide ini tidak menindak lanjutinya kembali, dengan suatu alasan yang dapat diterima yaitu Sibuk menemui nasabah, dan harus keluar kota.

Ya seperti tahun 2008 lalu saat kami merintis bisnis yang sama yaitu jualan produk dan jualan rumah, selama pertemuan berlangsung yang kami bicarakan hanya Keuntungan yang bakal kami peroleh dan prosentase pembagian hasil. Sementara saat waktunya kerja dengan berbagai macam dalih mereka tidak mau menindak lanjutinya.

Aku tidak bisa tergantung pada teman temanku lagi seperti pada tahun 2008 lalu, karena hasilnya pasti tidak akan jauh beda dengan tahun tahun sebelumnya yaitu menjadi ‘Day Dreamers ‘ yang bisanya hanya memimpikan besar prosentase pembagian hasil. Bisnis jasa pemasaran property aku pending dan promosi les privat bahasa Jepang, inggris dan  computer Aku hentikan, menghadapi kenyataan kalau Aku tak mungkin mengerjakan semuanya sendirian..

Berurusan Dengan Polisi

Akupun kembali berjualan alat Bantu sex barengan produk Parfum hingga pada Minggu ke tiga bulan desember 2010 aku berurusan dengan polisi, polisi tersebut aku temui menyamar sebagai pembeli di chatroom, setelah ngobrol sebentar terus dia bilang, Bapak dikenakan UU Pornography karena jualan alat Bantu sex tanpa izin. Terus polisi tsb mengatakan kalau kantornya di Jl Gedebage.

Saking kagetnya, Aku menghadap ke kantor polisi terdekat untuk klarifikasi,  Sebelum memasuki kantor polisi, Aku berdoa “ Ya Allah jika masalahku ini selesai, Aku janji tidak akan jualan alat Bantu sex lagi” kemudian aku pun masuk dan menghadap ke Sersan satu untuk dimintai keterangan, dari serse aku di serahkan Ke Kapolsek untuk  diwawancara oleh bapak KomPol ( komandan Polisi ) dan di kelilingi oleh 3 orang intel / Kopassus, 15 menit kami bicara dan pak Kompol bilang “ tunggu sebentar di luar”

Aku nunggu di ruang tamu. Lumayan lama juga nunggu nya.

Kemudian di suruh masuk lagi kedalam., dan Suasana hati mulai terasa lega saat Aku dinyatakan tidak bersalah, dan berakhir pada suatu kesimpulan bahwa polisi yang ngajak chatting di yahoo messenger tersebut, ternyata tidak lebih dari seorang polisi gadungan atau oknum yang berusaha memeras Aku. Sebelum pulang aku di berikan kartu nama pa Kompol dan nomor telepon para kopassus tsb dan mereka berpesan jika oknum polisi tsb atau orang yang ngaku ngaku polisi dari gedebage yang mencoba memeras Aku datang kerumah, Aku bisa langsung menelpon pak Kompol & anak buahnya. Khabar baiknya Aku diperbolehkan lagi untuk membuka toko online ku kembali dengan syarat Setiap bulannya harus memberika ‘Laporan ‘ sehingga Aku dapat berjualan alat Bantu sex dengan tenang, namun Sayang sekali aku masih merasa Shock dan sebelumnya sudah berjanji kepada sang pencipta untuk tidak jualan alat Bantu sex lagi lagi pula aku malas untuk memberikan laporan ke kantor polisi tiap bulannya.

Aku kembali ke rumah, aku hapus semua alat Bantu sex dalam database web ini, yang tertinggal hanya produk parfum yang tidak pernah laku oleh seorangpun pembeli.

Tinggal satu unit usaha lagi yang memungkinkan untuk aku jalani yaitu menjual jasa pembuatan website.

Bertemu Klien Baru

Setelah Halaman website kembali aku rombak dan perbaharui.untuk lebih menonjolkan pembuatan jasa design web, dan menonaktifkan shopping cart. Alhamdullilah aku menemukan seorang klien pertama yang ingin membuat website untuk portal game dengan template yang memanfaatkan Jquery. 2 hari Aku mengerjakannya dan di bayar Rp.300.000. lumayan deh untuk mengganti kekecewaanku terhadap toko alat Bantu sex yang telah ditutup

Beberapa hari kemudian klien klien baru bermunculan mulai dari pengelola rumah makan hingga instansi Militer, mereka menghubungi aku lewat kontak form, Email, yahoo messenger, SMS, Telpon, bahkan ada juga yang datang langsung ke rumah, hingga saat ini website yang telah aku selesaikan antara lain :

Tidak sebanyak waktu aku kerja di tempat kerjaku  dulu, jika dulu aku di gaji Rp.1.500.000 / bulan dengan target 5 website harus sdh selesai dalam 1 bulan, saat ini Alhamdullilah penghasilan yang aku dapatkan lebih dari gajiku perbulan dulu meski hanya untuk mengerjakan 1 website setiap minggunya.

Aku menyadari kalau ternyata rejeki Aku ada dalam Jasa design web ini dan bukan lewat jualan alat Bantu sex. Tanggal 10 February 2011 Aku resmi keluar dari profesi sebagai Tour Guide untuk lebih fokus menjalani profesi sebagai web designer. Dan saat ini hari hariku Aku lewatkan di rumah merawat ibu ku yang sudah lanjut usia. Sambil tetap mendisain asa baru setiap harinya.

12 Comments

  1. blognya ini menjadi inspirasi buat saya.

  2. pradhana berkata:

    very very inspiring life story…
    moga makin sukses Pak..!!!
    makin semangat..!!!

  3. alex berkata:

    situs yang keren ka’. tadi nineballband.com…3D ya. ka’, untuk menjadi seorang web designer yang hebat tu syaratnya pa ja ? bhs.Pemrograman apa saja yang harus dikuasai, dan kiat apa saja untuk menjadi seorang Web Designer yang professional. Tlng konfirm ke e-mail saya ya ka’..terimakasih

  4. alex berkata:

    wah..! sekelumit pengalaman hidup kk’ yg begitu mengharukan, smoga kk’ ttp smngt dlm profesi saat ini yg sdng djlni. Sukses buat kk’

  5. Achmad berkata:

    @Pradana Amiin, terima kasih banyak pak.

    @alex, terkirim lewat email

  6. andri berkata:

    itulah hidup…semua sudah di gariskan..tinggal bagaimana kita nenyikapinya….selalu bersyukur akan segala hal…itu jauh lebih baik lagi…terima kasih atas desain web pertama saya…doakan bukan web yang terakhir..hehehe…salam buat ibu….

  7. ipul berkata:

    waw.. kisahnya hampir mirip dengan yg aku alami.. ya memang ternyata di setiap kejadian ada pelajaran yg dahsyat.. pengalaman yg tidak bisa dibeli dengan apapun.. jatuh bangun yg membuat kita terus berfikir mencari solusi terbaik.. makasih udah share pengalaman mantapnya,bikin saya tambah semangat.. sukses terus kang.. ^_^ salam buat ibu..

  8. kelana berkata:

    Benar – bener pengalaman yang luar biasa…. i like it.
    Yakinlah … kesuksesan sedang menanti anda. ayo jangan pernah menyerah…teruslah berkarya.

  9. Orang Tangsel berkata:

    Tulisan Anda sangat menginspirasi. Sukses Mas Bro..!!!

  10. abie berkata:

    ass..salut perjuangan hidup nya..
    ka saya sedang belajar membuat website dari joomla,saya mohon bimbingan nya..fb nya apa untuk memandu saya ka..
    terima kasih..
    wss..

  11. Achmad berkata:

    terima kasih commentnya kawan kawan.
    @abie : fb saya di http://www.facebook.com/netmedia.web.id

  12. wahyu berkata:

    sip…sangat menginspirasi saya yg saat ini sedang belajar membuat website

Leave a Reply