• general announcements
  • 1 USD = Rp.13538

0

Hari ini saya telah kehilangan 2 Fitur Utama website ini. Fitur tersebut membuat saya betah berlama-lama browsing diwebsite saya sendiri. Kedua Fitur tersebut adalah; Nextgen Gallery & RSS Hub.

Nextgen Gallery adalah plugin wordpress untuk membuat album gallery, Plugin ini memberikan kemudahan untuk upload & mengorganisir photo kedalam beberapa kategori untuk dijadikan Album yang kemudian ditampilkan ke web. Fitur2 bawaan plugin ini cukup lengkap, antara lain, Widget random gallery, Images Watermark, Gallery Custom Template dan fitur-fitur lainya yang memberikan alasan mengapa plugin ini mengkonsumsi resources server dalam jumlah besar.

Nextgen Porn Gallery

RSS Hub adalah aplikasi web yang dibuat oleh saya sendiri menggunakan Simple Pie yang telah dimodifikasi, untuk Script Simple pie ini bisa anda download di situs simplepie.org. Aplikasi web yang telah saya buat dapat menampilkan sejumlah status yang kita tulis, dan upload di 16 jejaring sosial untuk diakses & dibaca dalam satu halaman website. Jejaring sosial tersebut khusus jejaring sosial yang memiliki Built in RSS Feed.

RSS feed itu sendiri singkatan dari Really Simple Syndicate, file berformat XML yang mengacu pada beberapa protokol diantaranya :

  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0)
  • Rich Text Summary (RSS 0.91)

Protokol tersebut diatas umumnya digunakan oleh situs web berita atau blog untuk memberikan info-info terbaru kepada para pembacanya. Situs berita atau blog memiliki isi/artikel yang terus berubah secara berkala, karena itulah maka situs/blog menggunakan sistem RSS agar para “pelanggannya” tidak ketinggalan info. Seperti koran atau majalah, kita harus berlangganan untuk terus mendapatkan berita-berita terbaru hanya saja bedanya dengan sistem RSS adalah anda dapat berlangganan secara gratis. Sama halnya dengan website ini memiliki RSS yang bisa anda akses di http://achmad.web.id/feed.

Aplikasi RSS Hub yang saya buat mengkonsumsi resources yang sangat kecil namun karena menggabungkan sejumlah status dari 16 Jejaring sosial yang berbeda ke dalam 1 halaman web, hal ini membutuhkan waktu yang relative ‘sedikit’ lebih lama saat loading dan dampak dari kata ‘sedikit’ tersebut membuat website ini kerap kali nge ‘blank’ dan tidak bisa diakses selama 10 – 20 menit lamanya.

Trouble Shooting

Masalahnya Sederhana sekali, jawabannya terletak di shared hosting. selain saya ada website 4 klien saya yang hosting berdampingan dalam 1 server. Saling rebutan resources yang menyebabkan server kerap kali mengalami Downtime. Hal ini memberikan satu solusi yaitu pindah Hosting.

Leave a Reply