• general announcements
  • 1 USD = Rp.13531

0

Berawal ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saat liburan panjang tiba, kami sekeluarga berkunjung ke Rumah saudara sepupu di Bogor, mereka orang kaya dan punya sebuah komputer IBM PC XT yang saat itu masih menggunakan MS-DOS. Saat saudara saya memainkan game Hangman, saya hanya bisa melihat di belakang. Hati kecil saya ingin sekali memainkannya tapi dia asyik saja dengan komputernya, tidak mau memberikan kesempatan untuk saya memainkan game tersebut atau bahkan hanya untuk menyentuh keyboard komputernya. Mungkin saja saat itu sisi kampungan saya terlihat begitu jelas baru pertama kali lihat orang memainkan game di komputer, ditambah kekhawatiran dari pemiliknya jika saya sentuh komputernya bakal rusak.

1999 – 2000

Waktupun terus berlalu, saya melanjutkan kuliah disalah satu perguruan tinggi swasta di kota Bandung mengambil jurusan IT. Tapi hanya bertahan 2 tahun dan putus tengah jalan. Saya tidak punya komputer saat itu, sehingga pelajaran yang saya dapatkan di kampus lewat begitu saja, masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

 

super-mario-3-mario-forever-Gameology

Supermario Bross :  Satu-satunya Game yang terinstall dalam jaringan LAN kampus, dapat diakses dari MS DOS Prompt dan sering dimainkan saat kuliah berlangsung apalagi jika mata kuliahnya membosankan.

2001

Pertengahan 2001 saya mulai membeli sebuah unit komputer. Namun segala sesuatu berawal dari keisengan yang dilakukan berulang-ulang. Sehingga Komputer baru saya cenderung lebih banyak digunakan untuk bermain game daripada untuk belajar.

Sebelum memainkan game, saya biasa menyempatkan untuk mencari cheat codes di Internet. Awal memainkan game dengan alasan iseng-iseng untuk menghilangkan stress, namun adakalanya setelah game dimainkan, stressnya malah nambah terutama saat fokus kita terganggu, listrik padam, atau saat lagi asyik-asyiknya main game tiba-tiba ada yang memanggil kita.

 

Parkan Iron Strategy - Gameology

Parkan Iron Strategy : Game 3D pertama yang saya mainkan saat pertama kali memiliki computer, Gamenya cukup menyenangkan namun meski Cheat Code telah tersedia, tetap saja saya tidak dapat menyelesaikannya karena game ini sering membuat computer crash dan Graphic Adapternya tidak mendukung pada waktu itu. Game PC lainnya yang sering saya mainkan sebagai gantinya yaitu; Solitaire, House of The Dead, Starcraft, dan Sims Golf.

2002

Warcraft III – Reign of Chaos : Masa-masa Demam Warcraft, hingga Warcraft III the Frozen diluncurkan Blizzard Entertainment, Game ini membuat para pemainnya kecanduan, apalagi fitur World Editor yang membuat para pemainnya betah berjam-jam membuat medan pertempuran sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Game lainnya yang tidak kalah seru; Spiderman, Robin Hood, Rise of the nation, dan Command & Conqueror.

2003

Setelah bosan bermain dengan Warcraft III – The Frozen Throne,   The Sims City, Sims City 4 – Rush Hours dimana kita merasa seperti menjadi seorang walikota. Saya melanjutkan memainkan game yang tidak kalah addiktif, yaitu;

The Sims - GameologyThe Sims : Khusus PC Game ini saya memiliki Collector Edition & Expansion Pack yang lengkap yaitu The Sims Livin Large, House Party, Vacation, Hot Date, Unleashed, Superstar, dan Makin’ Magic.

Ada suatu hari dimana saya melihat karakter yang saya ciptakan mulai membandel, tidak mau disuruh kerja & Belajar, dia menolak dan malas, terutama saat moodnya menyusut. Padahal saya menyuruhnya bekerja dan belajar agar karakter tersebut untuk naik level. Tapi dia tetap menolak mentah-mentah, hingga akhirnya setelah menggunakan cheat code untuk merefresh mood karakter tersebut, baru dia mau kembali melakukan yang saya inginkan..

Satu hal yang saya pelajari dari game ini adalah sebuah Ironi, saat kita memainkan sebuah karakter menyuruh dia melakukan semua yang kita inginkan agar hidupnya lebih baik dan score saya lebih tinggi. Padahal jika saat itu saya bisa menerapkannya di dunia nyata, mengendalikan diri sendiri, menjadi yang saya inginkan, tentunya saya bisa menjadi manusia yang lebih baik saat itu. Dalam game ini saya sadar bahwa hidup saya hanya mengejar score & level, Semestinya level hidup saya yang sebenarnya yang harus saya kejar dan kualitas hidup saya sendiri yang harus saya bentuk. Disini hati kecil saya merasa inilah saat yang tepat untuk berhenti bermain game.

2004

Keisengan untuk mencoba game yang baru telah mengalahkan niatan awal untuk berhenti bermain. Game yang saya mainkan tahun 2004 saat itu :

  • Grand Theft Auto II – Vice City
  • Stronghold Crusader
  • Age of Empire
  • Mech Warrior Mercenaries
  • Heaven & Hell.

2005

neverwinter-nights

 

Neverwinter Night : Game ini semuanya terdiri dari 6 CD Rom yang isinya berupa 1 Core games & 2 Expansion Pack yaitu Neverwinter Night Shadow of Undrentide dan Horde of Underdark. Neverwinter Night merupakan Game 3D favorite saya yang memberikan kesan tidak terlupakan saat memainkannya.  Sempat terbawa mimpi dikejar-kejar Zombie waktu pertama kali memainkannya. Mode First Person Shooter & Third Person View menciptakan sensasi tersendiri seperti memasuki sebuah dunia baru dan kita berada didalamnya apalagi saat memainkan Horde of Underdark, kita  Turun ke Dunia Bawah, Ditemani oleh seorang tentara bayaran yang cantik, Saya bertarung dengan Golem, Penyihir & Monster menggunakan Pedang, Panah dan Ilmu Sihir yang saya miliki.

2006 – 2007

Game selanjutnya setelah bosan memainkan Neverwinter Night.

  • Yu Gi Oh Trilogy – Power of Chaos
  • Ghost Master
  • School Tycoon
  • Diablo II
  • Xmen – Age of Apocalypse
  • Grand Theft Auto San Andreas
  • Marvel Ultimate Alliance

2008

Tahun 2008 ini merupakan masa transisi melepaskan kecanduan terhadap Game. Terutama saat DVD Grand Theft Auto: San Andreas tidak bisa jalan lagi sejak dipinjam Seseorang, DVD Marvel Ultimate Alliance telah di hadiahkan kepada seorang Teman dekat yang telah pindah kost an, dan terlebih lagi saat Game Neverwinter Night – King Maker yang dibeli dari seorang penjual CD/ DVD bajakan ternyata tidak seperti yang diharapkan, Karena CD tersebut bukan expansion pack melainkan hanya addons map yang dibuat para Fans NWN,  akhirnya semuanya cukup beralasan bagi saya untuk tidak lagi membeli Game 3D beserta variannya.

2009 – 2010

Mafia Wars : Permainan simulasi yang dibuat oleh Zynga. Permainan ini semula berjalan di Facebook, Myspace, Tagged, dan Yahoo. Saya sendiri awalnya tidak memiliki niat untuk memainkannya. Game 2D statis ini memiliki interface sederhana, saya mulai keisengan memainkannya di Tagged kemudian pindah ke Facebook.

Mafia Wars

Saat itu Mafia Wars telah mencapai kota keempat, setelah menyelesaikan misi di New York, Cuba dan kemudian pindah ke Moscow. Pada tahun 2010 dibuat kota Bangkok dan saya berhenti memainkannya setelah dipecat dari pekerjaan saya sebagai seorang Web Designer. ( Bukan karena memainkan game ini, tapi karena alasan lain ).

Kesimpulan :

Bermain game dapat Melatih kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, Melatih Konsentrasi, Melatih kemampuan mengingat dan memori serta dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris. Bahkan Hasil riset dari University of Rochester menyebutkan video game bisa membantu anak-anak disleksia membaca lebih baik, sementara pasien stroke bisa pulih lebih cepat.

Namun, sangat penting untuk membatasi waktu bermain game, karena dapat membuat Anda menjadi kecanduan. Silahkan bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa ada saatnya untuk berhenti. Pastikan pula Anda tetap dapat melakukan aktivitas di lingkungan sosial.

 

Leave a Reply