• general announcements
  • 1 USD = Rp.13325

14

Barusan saya sempat mengunjungi sebuah blog dari Nisa Hafidz yang isinya mendefinisikan sosok Akhwat sejati, dan Subhanallah !!! pikiran saya lebih terbuka sekarang, selama ini saya berpikir bahwa semua muslimah disebut Akhwat. tapi ternyata selama ini saya salah, karena hanya muslimah tertentu saja yang layak disebut akhwat. di bawah ini definisi dari Akhwat sejati yang saya kutip dari http://nisahafidz.wordpress.com. Semoga bermanfaat bagi para Akhwat yang membacanya.

Akhwat sejati tidak dilihat dari jilbabnya yang anggun, tetapi dilihat dari kedewasaannya dalam bersikap.

Akhwat sejati tidak dilihat dari retorikanya ketika aksi, tetapi dilihat dari kebijaksanaannya dalam mengambil keputusan.

Akhwat sejati tidak dilihat dari banyaknya ia berorganisasi, tetapi sebesar apa tanggung jawabnya dalam menjalankan amanah.

Akhwat sejati tidak dilihat dari kehadirannya dalam syuro’, tetapi dilihat dari kontribusinya dalam mencari solusi dari suatu permasalahan.

Akhwat sejati tidak dilihat dari tasnya yang selalu membawa Al – Qur’an, tetapi dilihat dari hafalan dan pemahamannya akan kandungan Al – Qur’an tersebut.

Akhwat sejati tidak dilihat dari aktivitasnya yang seabrek, tetapi bagaimana ia mampu mengoptimalisasi waktu dengan baik.

Akhwat sejati tidak dilihat dari IP-nya yang cumlaude, tetapi bagaimana ia mengajarkan ilmunya pada umat.

Akhwat sejati tidak dilihat dari tundukan matanya ketika interaksi, tetapi bagaimana ia mampu membentengi hati.

Akhwat sejati tidak dilihat dari partisipasinya dalam menjalankan kegiatan, tetapi dilihat dari keikhlasannya dalam bekerja.

Akhwat sejati tidak dilihat dari sholatnya yang lama, tetapi dilihat dari kedekatannya pada Robb di luar aktivitas sholatnya.

Akhwat sejati tidak dilihat kasih sayangnya pada orang tua dan teman – teman, tetapi dilihat dari besarnya kekuatan cinta pada Ar – Rahman Ar – Rahiim.

Akhwat sejati tidak dilihat dari rutinitas dhuha dan tahajjudnya, tetapi sebanyak apa tetesan air mata penyesalan yang jatuh ketika sujud.

Seorang akhwat sejati bukanlah dilihat dari kecantikan paras wajahnya, tetapi dilihat dari kecantikan hati yang ada di baliknya.

Akhwat sejati bukan dilihat dari bentuk tubuhnya yang mempesona, tetapi dilihat dari sejauh mana ia menutupi bentuk tubuhnya.

Akhwat sejati bukan dilihat dari begitu banyaknya kebaikan yang ia berikan tetapi dari keikhlasan ia memberikan kebaikan itu.

Akhwat sejati bukan dilihat dari seberapa indah lantunan suaranya, tetapi dilihat dari apa yang sering mulutnya bicarakan.

Akhwat sejati bukan dilihat dari keahliannya berbahasa, tetapi dilihat dari bagaimana caranya ia berbicara.

Akhwat sejati bukan dilihat dari keberaniannya dalam berpakaian tetapi dilihat dari sejauh mana ia berani mempertahankan kehormatannya.

Akhwat sejati bukan dilihat dari kekhawatirannya digoda orang di jalan tetapi dilihat dari Kekhawatiran dirinyalah yang mengundang orang jadi tergoda.

Akhwat sejati bukanlah dilihat dari seberapa banyak dan besarnya ujian yang ia jalani tetapi dilihat dari sejauh mana ia menghadapi ujian itu dengan penuh rasa syukur.

Dan ingatlah …
Akhwat sejati bukan dilihat dari sifat supelnya dalam bergaul, tetapi dilihat dari sejauh mana ia bisa menjaga kehormatan dirinya dalam bergaul.

 

Tag:,

14 Comments

  1. F@tM@ berkata:

    Akhwat sejati bukanlah seorang akhwat yang serba sempurna tapi selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik dari hari ke hari

    thanx atas kunjungannya ke fatma1203.wordpress.com
    kunjungi juga web ku di http://www.fatmawiyah.web.id

  2. James berkata:

    Hi, I found your blog on this new directory of WordPress Blogs at blackhatbootcamp.com/listofwordpressblogs. I dont know how your blog came up, must have been a typo, i duno. Anyways, I just clicked it and here I am. Your blog looks good. Have a nice day. James.

  3. Lely Rosdiawati berkata:

    ana setuju banget,

  4. Disya berkata:

    Bener bgt. Ana setuju!!!
    Moga kita bisa jadi akhwat sejati, walaupun kita tidak sesempurna Rasulullah tetapi mudah – mudahan kita termasuk orang – orang yang sedang berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah. Amin
    Syukron atas pengingatannya

  5. seQar berkata:

    subhanalla. ternyata menjadi akhwat sejati itu tak segampang yang kita kira tetapi yakinlah kalau kita bisa menjadi akhwat seperti opini diatas……..amien

  6. Fajar berkata:

    Assalamu’alaikum.
    Ana setUju bgt,mudah2an qt bsa mNjd akhwat sEjati.
    KeEp istiq0mah.

    Jgn lupa aDd ana ya. . .
    D fs.
    city_fajar@yahoo.co.id

  7. Juhdi berkata:

    Subhanalh,menang bener2 mantap deskripsinya,namun klo smua akhwt menyadari tu semua kyak dmai dunia ni

  8. dhyan berkata:

    Bener banget apa yg dibiLang,,
    n smoga qt bsa menjadi seorang akhwat seperti itu.. !!
    amin

  9. ulumuddin berkata:

    salam
    semoga daku mendapatkan jodoh yang sholikhah. amiiiiiin

  10. qus berkata:

    jazzakillah.smga kita jd akhwat sjati,amiin

  11. mila berkata:

    jazakillah…

  12. raisha dafinah fataniah berkata:

    terima kasih, sungguh sebagai inspirasi dan motivasi.

  13. activiesworld berkata:

    subhanallah…. sunggguh luar biasa jika Dunia ini dihiasi dengan wanita- wanita sholehah…..jagalah selalu kehormatan yang telah dikaruniakan Allah untuk kita…..Don’t Give Up mjd akhwat sejati….

Leave a Reply