• general announcements
  • 1 USD = Rp.13538

0

Penggunaan judul “Menghentikan Keinginan Merokok” dirasakan lebih tepat daripada menggunakan judul “Cara Berhenti Merokok“, karena pada dasarnya Menghentikan Keinginan untuk Merokok itu lebih efektif daripada ‘Berhenti Merokok’. Orang yang sudah berhenti merokok bukan berarti tidak memiliki keinginan lagi untuk merokok kembali, sedangkan orang yang berhasil menghentikan keinginan merokok sudah pasti berhasil untuk Berhenti Merokok.

Artikel dibawah ini bukan hasil kopi paste, tapi diambil dari pengalaman pribadi saya sendiri yang saat itu masih berprofesi sebagai web designer, Selama lebih kurang 20 tahun keseharian saya akrab dengan Kopi Hitam & Rokok. Saya mengenal rokok sejak kelas III SMP berawal dari coba-coba hingga akhirnya kecanduan dan menjadi perokok berantai, saat itu asap rokok bagaikan nafas kehidupan bagi saya.

Setiap harinya Lebih dari 2 bungkus rokok saya hisap. Sampai minggu ke 3 bulan Agustus 2016 yang lalu saya berhasil berhenti total hingga sekarang, Saat ini saya ingin membagi pengalaman saya sebelum, ketika & sesudah berhenti merokok.

Tahapan Pertama : Niat yang kuat

1. Niatkan untuk Berhenti Total

Bagaimanapun juga dalam merokok tidak ada istilah pengurangan quota, misalnya anda biasa merokok 2 bungkus sehari, kemudian minggu depan anda kurangi menjadi 1 bungkus. Minggu ke 3 menjadi setengah bungkus /hari dan bulan depan menjadi 1 batang rokok /hari. Itu semua hanya teori semata dari orang-orang yang tidak pernah merokok.

Jika misalnya anda terbiasa menghabiskan lebih dari 2 bungkus perhari, setelah mencoba pengurangan menjadi 1 batang /hari otomatis tubuh anda akan menagih tambahan nikotin. Jika anda berniat untuk berhenti merokok saya menghimbau anda untuk berhenti total & tidak menggunakan istilah atau anjuran ‘Dikurangi’ karena tidak dapat dirasakan efektif dan saat yang tepat untuk Mulai berhenti merokok adalah Hari ini.

2. Install Aplikasi

Untuk anda para pengguna Android, ada banyak aplikasi di Google Playstore untuk monitoring progress berhenti merokok. Saya sendiri menggunakan aplikasi simple quit yang bisa anda download di sini. Aplikasi ini disetel setelah saya menghisap rokok terakhir dan mulai berniat untuk berhenti.

Simple Quit Smooking App akan menunjukkan berapa lama anda melewatkan hari tanpa rokok, manfaat yang anda peroleh, serta kalkulasi dari jumlah uang yang terkumpul setelah anda berhenti,

Aplikasi Simple Quit Smooking Apps

3. Motivasi, hadiahi & manjakan diri anda

Mari berhitung & menuliskan keinginan kita untuk membeli sesuatu dengan uang yang diambil dari uang anggaran merokok. Aplikasi Quit Smooking App diatas akan membantu anda menjumlahkan secara otomatis uang yang berhasil anda kumpulkan selama beberapa bulan berhenti merokok.

Misalnya data Statistik menunjukkan jumlah uang yang sudah terkumpul sebanyak $1000 USD selama setahun setelah anda berhenti merokok. Hadiahkan diri anda dengan membeli Iphone 6 , Laptop baru atau barang-barang yang sudah lama ingin anda beli.

Tahapan Kedua : Persiapan Sebelum Berhenti Merokok

4. Hisap rokok yang tidak anda sukai

Lakukan hal ini Tepat sehari sebelum berhenti merokok, jika anda perokok filter coba merokok kretek. jika anda perokok kretek, coba cicipi rokok putih, hisaplah secara berantai. Setelah habis rokok pertama lanjutkan ke rokok ke 2 dan seterusnya, lanjutkan sekuat anda menghisapnya. Yakinkan diri anda itu akan menjadi rokok-rokok terakhir yang anda hisap, hayati rasanya meskipun rokok tersebut berasa seperti kertas yang dibakar.

Contoh, saya biasa menghisap rokok Gudang Garam filter, kemudian saya membeli 6 batang rokok Djarum Coklat, dan menghisapnya secara berantai sampai habis, yang saya ingat adalah rasa terakhir saya merokok. jadi saat keinginan untuk merokok muncul lagi saya akan mengingat kembali rasa terakhir rokok yang saya hisap.

5. Minum about batuk

Kebanyakan orang yang berhasil berhenti merokok dikarenakan sakit terlebih dahulu. Bisa karena Demam Panas, Batuk dan lain-lain. Keinginan merokok yang hilang saat kita sedang sakit, dikarenakan efek bahan-bahan kimia dari obat-obatan yang kita konsumsi.

Obat Batuk Fartolin Expectorant

 

Sumber Gambar: K24Klik

Obat Batuk Favorit saya adalah Fartolin Expectorant obat batuk sirup yang digunakan untuk mengobati penyakit pada saluran pernafasan seperti asma dan penyakit paru. obatnya sangat keras tapi bisa dibeli tanpa resep dokter. Meskipun tidak batuk saya meminum obat tersebut untuk menghilangkan keinginan merokok selama 6 sampai 18 jam kedepan.

Jika misalnya anda minum obat ini dan sejam kemudian anda menyalakan rokok, rokok yang anda hisap rasanya bakal seperti kertas terbakar. Hal itu biasa karena kandungan bahan kimia dalam obat batuk ini yang bereaksi di dalam tubuh mempengaruhi rasa tembakau yang anda hisap.

Harap diperhatikan : Meski bisa dibeli tanpa resep Dokter, Obat batuk ini sangat keras sekali dan hanya diminum 1 kali (1 sendok teh) saja pada hari pertama atau hari kedua setelah berhenti merokok. Kecuali jika anda sedang batuk silahkan diminum sesuai dosis yang berlaku.

6. Olah raga yang mengeluarkan keringat

Olah raga yang benar-benar membuat tubuh anda berkeringat, Lari, Futsal, Bulu Tangkis & Bersepeda. Lakukan minimal 2 hari sekali.

7. Puasa Daud.

Khusus bagi yang beragama Islam Akan lebih bagus lagi saat hari pertama berhenti dibarengi dengan puasa Daud, anda bisa melakukan puasa daud minimal selama 3 hari di minggu pertama. Puasa Daud adalah puasa selang satu hari. Jika hari senin anda berpuasa maka hari selasa anda tidak berpuasa, hari rabunya kembali berpuasa dan begitu seterusnya. Bagaimanapun juga berpuasa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh anda.

Tahapan Ketiga : Memasuki Masa Masa Sakau

Setelah berhenti merokok coba untuk Hindari makan makanan pedas untuk sementara waktu & perbanyak minum air putih 8 gelas sehari.

Layaknya seorang pecandu narkotika yang berada dalam proses rehabilitasi, orang yang sedang dalam proses berhenti merokok akan menghadapi masa-masa sakau, meskipun tidak separah pencandu narkoba.  Point 8 & 9 dibawah ini adalah cara sederhana untuk mengatasi sakau anda pada asap tembakau;

8. Lakukan Hal-hal yang anda sukai

Keinginan merokok timbul saat kita memikirkannya. Terutama di waktu-waktu senggang dan saat bersantai. Sibukkan pikiran anda dengan kegiatan yang anda sukai, misalnya main game, baca buku, jalan-jalan atau belajar memasak.

9. Menjadi perokok Pasif !

Point ini hanya dianjurkan bagi mantan perokok saja. Alasannya cukup sederhana :

  • Mantan perokok memiliki system kekebalan tubuh yang telah terbentuk saat dia masih merokok
  • Minggu ke 2 & 3 saat-saat ‘Sakau’ nya mantan pecandu rokok, dan memerlukan sedikit asupan nikotin.

Caranya : Cukup Dekati orang yang sedang merokok sampai asapnya tercium. Tidak perlu basa-basi dengan orang tersebut & jangan perhatikan orang tersebut merokok. Pura-pura sedang mengutak-atik handphone

Yang perlu anda jauhi adalah teman perokok, saat mereka merokok otomatis akan menawarkan 1 atau 2 batang rokok kepada anda meski hanya sebatas basa-basi. dibulan pertama ini sebaiknya anda jaga jarak dengan teman-teman perokok anda.

Tahapan Terakhir : memasuki bulan ke 2

Memasuki bulan kedua & bulan ketiga godaan untuk merokok itu tidak akan pernah berhenti. Tidak jarang sampai terbawa mimpi segala.

10. Dzikir Nafas

Pada dasarnya Anda bisa mengikuti latihan Yoga, Tai Chi maupun senam pernafasan yang lainnya. untuk yang beragama islam anda bisa coba mengamalkan Dzikir Nafas, Saya mempelajarinya lewat sebuah ebook dari situs Solo Spirit Islam. Dzikir Nafas sangat membantu untuk mengeluarkan berbagai racun (terutama racun nikotin) dari dalam paru paru.

Adapun prakteknya sangat mudah sekali. Dzikir yang dilakukan dengan mengikuti keluar masuk nafas. Dalam keadaan rileks Saat nafas masuk anda ucapkan dalam hati “HU”, saat menghembuskan nafas anda ucapkan “Allah”, dan begitu seterusnya. Saya biasa melakukannya saat Lari pagi & ketika hendak tertidur. anda bisa melakukannya dalam kondisi apa saja yang anda mau. Untuk Informasi lebih lengkapnya tentang dzikir nafas ini silahkan kunjungi situsnya di www.solospiritislam.com

11. Menjilat Garam saat ingin merokok

Garam membunuh keinginan untuk merokok, Setiap kali Anda merasa ingin merokok, maka cobalah untuk memakan makanan yang asin atau jilatlah sedikit garam. Rasa asin tersebut dipercaya mampu membunuh keinginan seseorang untuk merokok.

Daisypath Vacation tickers | Sudah Berhenti Merokok

Demikian pengalaman saya saat menjalani proses menghentikan keinginan untuk merokok, ada banyak manfaat yang saya rasakan setelah berhenti misalnya : Saat bangun tidur, tubuh lebih ringan & bebas dari pegal-pegal, tenggorokan bebas dari dahak, Pengeluaran lebih hemat, nafsu makan bertambah, pola tidur lebih teratur, penciuman lebih tajam dan manfaat lainnya yang dapat anda rasakan setelah berhenti merokok.

Leave a Reply