• general announcements
  • 1 USD = Rp.13538

0

AAKA Project merupakan singkatan rekursif dari Aplikasi Aing Kumaha Aing. Sebuah konsep baru dari implementasi pengolahan software opensource berbasis PHP yang dikelola oleh saya sendiri dengan meniadakan komentar / input negative dari orang2 yang sok kritis, banyak bacot tapi tidak faham sama sekali dengan HTML, Css dan pemrograman berbasis web.

Orang2 yang saya maksud adalah sekelompok orang yang menganggap diri mereka hebat karena sebuah ijazah dan sejumlah sertifikat, ciri2nya pandai mengkritik yang bukan bidangnya dan tidak ada unsur membangun sama sekali. Percaya atau tidak hal tersebut merupakan salah satu ciri khas budaya kita yang susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah, apalagi menerima kenyataan bahwa kawan kita ternyata lebih hebat dari kita.

Tips dari saya : dengan siapapun anda berkomunikasi jangan pernah merasa paling unggul dari lawan bicara anda karena jika secuil pengetahuan yang anda dapatkan semasa kuliah membuat anda merasa paling benar ( melebihi malaikat ) dari lawan bicara anda saat itulah anda menjatuhkan diri anda sendiri.

Kita tidak pernah tahu dengan siapa kita bicara atau dengan siapa kita berhadapan, hanya karena anda dianugerahi oleh Allah fisik yang sempurna, dan harta yang berlimpah bukan berarti anda harus berdiri angkuh d muka bumi ini.

Kembali ke konsep awal dari AAKA projects ini, penulis memiliki beberapa proyek berbasis web yang masih berupa coretan dalam kertas. Salah satu yang Insya Allah dapat saya luncurkan dalam waktu dekat ini adalah Plugins untuk WordPress bernama WWIB. Yang rencananya akan digarap bersama kawan kawan komunitas opensource dari Github & Sourceforge dengan tetap meniadakan orang-orang yang saya maksud diatas.

Latar Belakang

Selama ini wordpress merupakan aplikasi blogging terkenal yang digunakan oleh banyak pengguna internet untuk berbagai macam keperluan dari sekedar curhat hingga berjualan bahkan ada juga perusahaan bonafide yang memanfaat wordpress ini untuk company profilenya.

Saya sendiri menggunakan wordpress ini sejak tahun 2008 sebagai media untuk menumpahkan perasaan lebay. Kemudian saya update dari waktu ke waktu dengan memanfaatkan plugin- plugin dari situs resmi wordpress.org dan berhasil mengubah blogging platform menjadi sarana usaha dimana penghasilan mengalir sendiri ke rekening saya. Disini saya tidak membicarakan Adsense, Ptc, Mlm, Hyip dan kawan2 nya. Saya bicara soal usaha jasa & produk yang real dengan memanfaatkan Resource php yang berserakan di internet.

Mengapa WWIB ?

Selama kita blogging kebanyakan isinya berupa standar teks yang diselingi gambar, ada juga yang dilengkapi fasilitas Podcast untuk streaming media suara. Dan jarang sekali/ mungkin saja belum ada sebuah blog yang berisi aplikasi / program php disetiap posting halamannya.

Atau mungkin sudah ada seperti Github, Sourceforge, Ohloh.net, Koders dan lainnya, tapi itu bukan blog. Karena yang saya inginkan disini adalah sebuah blog yang setiap isi postingnya adalah content dinamis, program yang terintegrasi dengan themes, aplikasi php ( bukan posting kodenya doang ) dan ada sebuah halaman tempat kita dokumentasikan semua proyek2 kita menggunakan Syntak / Format penulisan Wiki.

Ada tuh plugin bernama Allow PHP in Posts and Pages untuk menulis kode php dihalaman wordpress, tapi saya kurang nyaman menggunakannya, itu sebabnya saya memutuskan untuk membuat plugin sendiri.

4 CMS Pilihan

WWIB – Word Wiki Ignite & Bake, merupakan konsep dasar integrasi 4 CMS ; WordPress, dokuWiki, codeIgniter dan website Baker. Berikut saya jelaskan dasar dari kelebihan dan kekurangan dari ke 4 cms yang cukup terkenal :

Website Baker

Website Baker adalah Content berbasis PHP user friendly dan didesain sedemikian rupa: untuk memungkinkan penggunanya mendisain website dengan mudah. Didalam website baker terdapat 3 code editor untuk text biasa, iframe & PHP. CMS yang cukup elegant meski memiliki beberapa keterbatasan dan tidak seasyik wordpress

Code igniter

Codeigniter ringan dijalankan pada berbagai platform. Sistem utama dari codeigniter hanya memerlukan sedikit ruang pada server untuk membentuk sebuah class library. Ini yang membedakan codeigniter dengan framework-framework sejenisnya. Codeigniter dikemas dalam sebuah framework yang lengkap menggunakan model M-V-C framework, mode M-V-C adalah singkatan dari “Model-View-Controller”. Model framework ini dapat mempermudah pembedaan antara tampilan dan program, ini secara khusus sangat baik untuk suatu proyek dimana designer bekerja dengan file-file template yang akan memperkecil banyaknya code disetiap template karena sudah dipisahkan dengan baik

Dokuwiki

DokuWiki ditujukan untuk menciptakan dokumentasi dengan mudah dalam format apapun. Dokuwiki Memiliki sintaks sederhana namun kuat yang membuat yakin datafiles tetap dibaca di luar Wiki dan memudahkan penciptaan teks terstruktur. Semua data disimpan dalam file teks biasa; dimana tidak membutuhkan database sama sekali

WordPress

Self Explanatory – Sudah pada tahu semua.

Kendala Integrasi

Pokoknya pusing dah, sejak bulan Oktober 2011 googlig untuk mencari referensi integrasi , dengan hasil yang kurang memuaskan dan Tidak bisa diterapkan pada update terbaru wordpress. dan kesimpulannya untuk saat ini hanya Code igniter yang cukup fleksibel dan bisa terintegrasi di tiap cms

Implementasi plugin wwib

Setelah mencoba melakukan proses integrasi yang lumayan menyulitan menggunakan referensi di zaman fir’aun pake sandal, saya memutuskan untuk mengemasnya dalam bentuk plugin wordpress sehingga tidak terlalu memakan banyak resource.

Fungsi Yang Sudah Berjalan

  1. Perubahan form pengisian posting dengan Mark up wiki
  2. Built in Custom Template
  3. Taxonomy baru untuk Code igniter
  4. Memanfaatkan excerpt untuk membuat custom fields

Kelebihan jumlah field dapat dimanfaatkan untuk keperluan :

  • Podcasting, streaming MP3 & Video
  • Direct Download PDF & MSword
  • Redirect URL
  • Inject Header & Footer
  • Custom Keyword & Description
  • RSS Feed Aggregator

Opsi Tambahan :
1. CDN

2. Built in Cache

3. Progreesive caching merubah Java Script menjadi statis html

Widget
Random Modul & php content rotator. ( Terinspirasi dari plugin ads/ banner rotator )

Rencana Penambahan Fungsi

  • Import Zend Library
  • Modifikasi internal RSS Feed dengan opsi disable, display titles only, & Rss Feed untuk wiki.
  • Integrasi dengan plugin GT translator.

Contoh Implementasi Sederhana

Demo dari penerapan aplikasi ini dapat anda lihat di http://apps.achmad.web.id. Terintegrasi dengan CodeIgniter & Built in Website Baker Emulator + Widget php content rotator. sayang sekali Mark up Dokuwikinya belum bisa diterapkan.

Masalah Pada Gui

Kendala yang dihadapi saat ini adalah mengubah (Graphical User Interface) GUInya menjadi lebih user friendly dapat dipahami oleh pemula karena selama ini hanya bisa difahami oleh saya sendiri, saya sendiri harus mengubah struktur kodenya jika sewaktu waktu ingin mengupload code baru dan mengintegrasikannya dengan theme bersangkutan. mudah mudahan plugin ini dapat segera diluncurkan segera ke repository wordpress dibawah lisensi GPL.

Kesimpulan

Tujuan pembuatan Aplikasi wwib ini sendiri untuk memberikan kemudahan kepada web developer tingkat pemula maupun advance untuk menulis blog yang berisi aplikasi – aplikasi, program php, & mendokumentasikannya kedalam format wiki. tentu saja fungsi & implementasinya tidak sebatas disana. sisanya tolong simpulkan saja sendiri

Leave a Reply