• general announcements
  • 1 USD = Rp.13292

0

Internet memberikan banyak pilihan dalam banyak hal, demikian halnya dalam urusan blogging. Setiap bulannya ada banyak situs penyedia layanan blogging gratis namun sayangnya sebagian besar situs-situs baru tersebut hanya bertahan tidak lebih dari 1 tahun.

Dalam artikel ini saya hanya mereview 5 penyedia layanan Blogging Gratis. Review ini ditulis berdasarkan dari pengalaman pribadi dari tahun ke tahun, berdasarkan pada; Performa Server, Usia Domain,  dan bagi saya pribadi fitur Domain Mapping Gratis adalah fitur utama dari sekian banyak fitur-fitur unggulan dalam blog tersebut.

1. Blog.com

Penyedia layanan blog gratis pertama & ‘tertua’ sejak tahun 1998. menurut data who.is domain ini terdaftar pada tanggal 14 Maret 1998. Sama halnya dengan wordpress.com website ini menyediakan Themes menarik untuk digunakan pada blog anda dan menawarkan paket premium untuk menggunakan nama domain sendiri. Salah satu kekurangan dari situs ini pada saat diakses seringkali menampilkan pesan 504 Gateway Time-out, Entah karena faktor usia. Dibawah ini tampilan dari Blog.com.

Tampilan situs blog.com

2. Live Journal

Gratis dan Open Source Blogmu seperti rumahmu sendiri, bebas mau ngapain aja Fitur super lengkap Bisa menggunakan theme gratis dan premium yang bertebaran di internet Tersedia banyak sekali plugin yang bisa digunakan Hampir tidak ada peraturan yang perlu dipatuhi dll.Livejournal ini milik orang Rusia yang membuka kantor di San Fransisco. Situs ini dapat dikategorikan sebagai jejaring sosial karena setiap user dapat berinteraksi satu sama lain, berikirim pesan, berteman dan lain-lain. namun jejaring sosial ini lebih memprioritaskan pengguna pada fasilitas bloggingnya.

Livejournal memiliki banyak fitur menarik, namun yang lebih menarik tentunya diperuntukkan untuk Paid User. Fitur unggulan tersebut antara lain :

  • SMS Sender – Mengirimkan SMS melalui live journal tanpa membagi nomor teleponnya
  • Express Lane – Fitur untuk membuat loading halaman lebih cepat
  • Voice Call – User yang berbayar dapat menghubungi nomor yang disediakan Livejournal, untuk  kemudian merekam suara mereka dan menguploadnya secara otomatis kedalam server
  • Extra Storage Space – Kuota penyimpanan gambar yang lebih besar
  • Dan fitur – fitur lainnya

3. WordPress

WordPress.com adalah layanan blogging gratis yang didirikan oleh perusahaan bernama Automattic.

Perbedaan WordPress.com & WordPress.org

Beberapa blogger pemula pastinya bingung mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Mesipun keduanya memiliki nama yang sama, tapi sebenarnya keduanya sama sekali berbeda.Wordpress Logo Bandung

WordPress.com adalah tempat dimana kita bisa membuat blog secara gratis tanpa perlu menyewa hosting dan domain. Sedangkan WordPress.org adalah tempat dimana kita bisa mendownload aplikasi WordPress yang bisa kita pasang di hosting sendiri dan juga domain sendiri. Aplikasi WordPress ini bukan hanya bisa dipakai untuk membuat blog saja, tapi bisa juga digunakan untuk membuat website seperti pada umumnya.

4. Tumblr

Tumblr online sejak tahun 2007 dan diakuisisi oleh yahoo pada tahun 2013. Dalam tampilan visual dan kemudahan posting (video, photo & musik ) tumblr dapat dijadikan acuan sebagai platform pilihan. Dari sejumlah fitur gratis yang dapat anda akses di ‘Dashboard Interface’, salah satunya adalah fitur Domain Mapping dimana para pengguna tumblr dapat mengganti default url dari username.tumblr.com menjadi www.username.com.

Tumblr themes

Kekurangan dari tumblr ini, sulitnya terindeks ke Search Engine Google. Namun para pengguna tumblr ini tidak perllu berkecil hati, cukup daftarkan Tumblr anda di Webmaster Tools Google dan jangan lupa untuk update terus minimal 3 hari sekali.

5. Blogspot

Blogger LogoBlogging platform yang cukup terkenal yaitu Blogger.com atau biasa disebut sebagai blogspot merupakan layanan blogging gratis yang dikelola oleh perusahaan raksaksa yaitu Google. Layanan blogging gratis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh perusahaan bernama Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003.

Semenjak diakuisi oleh Google, blogger mulai berkembang menjadi salah satu layanan blogging paling populer di dunia, khususnya di Indonesia.

Jika anda menulis 5 artikel yang sama pada waktu yang sama dalam 5 Blogging media yang berbeda ( Tumblr, Blog.com, wordpress, livejournal & blogspot ), maka artikel-artikel yang telah anda tulis pada Blogspot.com ini akan lebih dulu terindeks oleh search engine, diikuti wordpress.com & livejournal.

Leave a Reply